Liburan

L

Entah sejak kapan kata “Liburan” ini muncul. Apakah sejak era Revolusi Perancis, zaman keemasan Islam, zaman dinasti Cina dan Jepang, zaman kekaisaran Romawi, atau lebih jauh lagi, zaman sejak pertama kali nabi Adam turun ke bumi? Entahlah. Tapi kata ini sungguh banyak didengar di era milennials.

Menurut KBBI versi online, libur berarti bebas bekerja atau masuk sekolah. Jika kita telaah kembali makna tersebut, artinya libur adalah bebas dari pekerjaan dan sekolah. Lebih umumnya bebas dari rutinitias harian. Nah diantara rutinitias itu adalah bekerja untuk mengkonversi waktu kita menjadi sesuatu yang bisa kita pakai dalam keseharian dan sekolah untuk mengkonversi waktu kita menjadi sesuatu yang sekiranya bermanfaat di era mendatang, yang mana diperuntukkan untuk mendukung pekerjaan.

Pada intinya, liburan adalah cara meredam penat dan stress yang dirasakan dalam keseharian. Periode yang sering dipakai orang-orang adalah mingguan, bulanan, triwulan, hingga tahunan. Periode ini tentu atas pertimbangan banyak hal. Biasanya adalah soal biaya dan lokasi yang diinginkan. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan maka semakin rendah frekuensi untuk liburan.

Cara tiap-tiap manusia menghabiskan waktu liburan tentu beragam. Ada yang senang mendaki gunung dan di puncak meneriakkan, “I love hentai.” Ada pula seseorang yang akan menaiki papan selancar diatas ombak lautan sehingga ia menikmati betul deburan ombak, cipratan air, dan skateboarding diatas air. Yang paling unik adalah seorang yang sebenarnya die-hard introvert akan berusaha menghabiskan waktu untuk sendirian. Ia ingin berdiskusi mesra dan intim dengan dirinya sendiri. Biasanya destinasi yang diinginkan orang seperti ini adalah, kamar mereka sendiri, pondok kayu yang menggantung di atas pohon yang ada di pedalaman hutan, sebuah gua yang di depannya tampak sebuah pantai, hingga hamparan padang rumput yang luas dan ada satu pohon beringin besar ditengahnya tempat untuk berteduh sembari membaca buku favorit.

Dengan era teknologi saat ini, ada beberapa orang pula ingin menghabiskan waktu bersama sang kekasih, komputer atau laptop mereka. Mereka ingin bermain game yang belum mereka tamatkan, membaca komik, light novel, hingga paper professor terkemuka, dan menonton video, entah video kucing lucu, dokumentasi tentang bagaimana ombak terbentuk, hingga video porno. Iya, you saw that. What is seen can’t be unseen. Hahahaha.

Saya hidup di area tropis, dimana hujan dan terik panas yang selama ini saya rasakan. Saya tentu suatu saat ingin merasakan membaca buku tentang kepemimpinan di dalam sebuah pondok di suatu desa terpencil, serta ditemani api unggun yang tentu menghangatkan ditengah cuaca bersalju. Atau menulis sebuah artikel ditengah gugurnya dedaunan di sekitar pepohonan. Iya, itu adalah fantasi terliar saya dalam menghabiskan waktu liburan.

Dan fantasi terliar saya yang terakhir adalah saya ingin sekali dalam seumur hidup melihat sebuah supernova entah itu di Rusia atau di kutub utara. Atau mungkin memandang bumi di planet lain, Bulan misalkan.

Lalu, akankah ada masa dimana kita hidup dengan lebih banyak liburan dibandingkan aktivitas rutin, seperti bekerja dan sekolah? I don’t think so. Malah, menurut saya, akan terjadi rasio yang semakin lama semakin besar pada aktivitas rutin dibandingkan liburan. Manusia masih terlalu ambisius untuk mencari kehidupan di luar bumi. Hal ini membuat semua manusia juga punya ambisi masing-masing, sehingga bekerja dengan intensitas sangat tinggi adalah cara untuk menghampiri impian-impian mereka.

Kalau sekarang kita merasakan dalam satu minggu ada satu atau dua hari untuk berlibur, mungkin suatu saat akan hanya dalam kisaran jam untuk menikmati libur. Atau bahkan sudah ada mekanisme dimana kita beraktivitas dalam keadaan yang menyenangkan.

Bagaimana fantasi liburan anda? Semoga suatu saat terwujud. Selamat bersenang-senang.

About the author

Mochamad Gufron

Hello, nice to meet you. I'm an active software engineer who love to learn a lot of things. I'm also in love at writing some blog entries. Get in touch with me on email if you need anything.

Email: mgufronefendi@gmail.com

By Mochamad Gufron

Recent Posts

Recent Comments

Archives

Categories

Meta

Mochamad Gufron

Hello, nice to meet you. I'm an active software engineer who love to learn a lot of things. I'm also in love at writing some blog entries. Get in touch with me on email if you need anything.

Email: mgufronefendi@gmail.com